Jumat, 19 Oktober 2012

Masa Kanak-kanak Memang Indah


Orang bilang hidup ini indah, sangat sulit melukiskan keindahan masa kanak-kanak, bercanda,bermain, dan bersenda gurau , bahkan kadang sampai kepala luka akibat sebuah permainan yang dilakukan tanpa perhitungan. Ya, namanya juga anak-anak. Banyak kisah menarik di sana kalau kita mau jujur , terkadang sangat lucu untuk dikenangkan. 

Anak - anak kadang sangat tertarik dengan apa yang dilihatnya terasa baru dalam kehidupannya, sehingga tak tertutup kemungkinan apa yang dilihatnya ingin dicoba dan dirasakannya. Sepintas lalu memang membuat banyak orang tak percaya,mungkin saja hal tersebut seakan dibuat-buat. Sesungguhnya, jika kita amati rasa keingintahuan anak sangatlah mendasar dan sangat tinggi. Anak selalu ingin dan ingin mencaba apa yang dilihatnya. 

Dari hal tersebut di atas , sebagai orang dewasa atau sebagai orang tua, kita hanya bisa mengarahkan apa yang menjadi ketertarikan anak dari lingkungan sekitarnya agar menjadi manfaat bagi kelangsungan hidup selanjutnya, serta menjadi bekal pengetahuan yang sangat rentan terhadap pengaruh-pengaruh dari luar. Peran orang tua tentunya mengambil alih hal tersebut, dan membimbingnya dalam memberikan wahana atau sarana yang menjadi bahan ketertarikan anak.





Semua orang pasti mengalami masa indah itu dengan beragam ceritanya. Masa di mana kita tak bisa lagi mengulangnya. Sawah, ladang, dan kebun adalah wilayah yang tak pernah luput dari jangkauan masa anak-anak, belum lagi tanah lapang nan penuh lumpur seakan tak ingin pulang ketika sudah berada di sana.Sungai dan sawah menjadi ajang perang lumpur penuh gelak tawa lepas tanpa beban kehidupan. 


Ini sebenarnya bukan pornografi, tetapi sebuah permaianan anak-anak ketika main di sungai yang biasa dilakukan ketika adu kekuatan dan kecepatan. Dunia anak-anak memang indah , terkadang terkesan lucu dan menggelikan. SS/2012

1 komentar: